Let's Chat

Ampas Kopi Jangan Dibuang! Ini Dia Manfaat Ampas Kopi

Ampas kopi, manfaatnya apa aja ya?

Punya bisnis coffee shop dan sering buang ampas kopi gitu aja ke tempat sampah? Stop kebiasaan itu sekarang juga! Jika kamu peduli dengan keramahan lingkungan, kamu bisa ikut menerapkan budaya zero-waste pada kedaimu sekaligus merasakan manfaat dari ampas kopi yang biasa kamu buang. Bahkan diantaranya bisa jadi peluang bisnis baru untuk kamu lho~

Pada dasarnya, ampas kopi masih memiliki kandungan kafein, vitamin c, antioksidan dan acidity atau keasaman. Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini sudah banyak sekali yang menggunakan ampas kopi sebagai bahan dalam produk kecantikan, kebutuhan rumah tangga, bahkan pupuk dalam tanaman. Meskipun kandungannya sudah berkurang setelah diseduh, utilitas dari ampas kopi masih sangat menguntungkan. 

Apa aja sih kegunaan ampas kopi?

1. Pupuk Kompos pada Tanaman

Masih banyak yang belum mengetahui bahwa kandungan dari ampas kopi dapat menjadi penyubur, pelindung, dan mulsa pada tumbuhan. Perlu dicatat, kesuburan tanah pada tanaman juga memiliki peran yang penting dalam pemakaian pupuk ampas. Penggunaan ampas kopi sebagai pupuk dapat meningkatkan drainase, retensi air dan aerasi di tanah. Ampas kopi juga akan membantu mikroorganisme yang bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman tumbuh subur sekaligus menarik cacing tanah. Contoh tanaman yang cocok untuk pupuk ampas adalah cabai, kacang panjang, tomat, wortel, lobak, jamur tiram, blueberry, azalea, bunga bakung, anggrek, dan pinus.

Selain menjadi pupuk, kamu pun bisa memanfaatkan ampas kopi sebagai mulsa pada tumbuhan. Kelebihan menggunakan mulsa organik dari kopi yaiitu dapat mencegah erosi, menahan kadar air, menjaga kelembapan suhu tanah, serta menekan pertumbuhan gulma (tanaman pengganggu) dan penyakit.

2. Kebutuhan Rumah Tangga

Bagi kamu yang sering mengurus rumah tangga pasti paham bagaimana sulitnya menghilangkan noda pada panci atau wajan. Ternyata tekstur dari bubuk kopi juga dapat membantu menghilangkan noda dengan lebih mudah. Cukup dengan mencampur air sabun dengan bubuk kopi, lalu gosok di bagian noda yang sulit hilang. Mudah sekali bukan? Kamu pernah mencium bau ga sedap dari kulkas di rumah? Ampas kopi juga bisa menjadi penyegar ruangan dan kulkas lho! Tinggal simpan dalam kulkas dan voila! Kulkas kamu akan segar kembali.

3. Lulur Badan dan Masker Wajah

Udah jadi rahasia umum nih, kalo ampas kopi sering dijadikan bahan dari produk-produk kecantikan. Dengan kombinasi bahan dan penggunaan yang tepat, kandungan di dalam kopi ternyata bisa membantu menghaluskan kulit wajah dan badan kita. Partikel kasar dan kandungan asam dari bubuk kopi berfungsi sebagai exfoliator yang sempurna untuk kulit, yang dapat menghilangkan kotoran dan sel-sel mati dikulit kamu.

Gimana, masih mau buang-buang limbah ampas kopi dari kedai kamu? Coba dipertimbangin lagi 😉

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our website uses cookies to improve your experience. Learn more about our cookie policy.