Let's Chat

Kenapa Anda Perlu Membersihkan Mesin Kopi Secara Rutin?

Mesin kopi bagi seorang Barista bagaikan sebuah pedang bagi seorang Samurai. Karenanya, wajiblah bagi seorang Barista untuk merawat senjatanya.

Masih banyak yang tidak sadar akan kepentingan dari kebersihan mesin kopi. Layaknya mesin mobil dan mesin-mesin lainnya, mesin kopi pun memerlukan maintenance yang layak agar dapat berfungsi dengan baik dan bertahan lama. Jika tidak dilakukan pembersihan/perbaikan mesin secara rutin, sekalinya mesin Anda rusak, kerusakannya akan fatal. Tentunya Anda tidak ingin merogoh kocek tambahan bukan?

Mesin espresso memang disusun sedemikian rupa agar dapat dioperasikan dengan mudah.

Berikut ini adalah alasan mengapa Anda perlu merawat dan memperhatikan kesehatan mesin Anda:

1. Menjaga Stabilitas Rasa Kopi

Stabilitas rasa kopi adalah hal yang sangat penting bagi sebuah kedai kopi. Rasa nikmat kopi yang stabil akan menimbulkan meninggalkan kesan pada pelanggan Anda. Tak hanya itu, karakter kopi yang stabil tentunya harus selalu dijaga karena bagi sebagian orang keseimbangan ekstraksi kopi adalah salah satu faktor penentu enak atau tidaknya kopi tersebut.

2. Menghindari Kerusakan Mesin Kopi karena Jarang Dibersihkan

Mungkin terlihat sepele, namun ternyata kebiasaan Barista membersihkan alat-alat yang digunakan setelah membuat kopi sangatlah penting. Seperti flushing steam wand setelah men-steam susu, back flush grup-head dengan menggunakan cuff powder, dan membersihkan bagian body machine. Terdengar sepele memang, namun jika hal ini diabaikan bisa merusak mesin Anda secara perlahan.

3.  Kesehatan Internal / Spare Part Mesin Kopi

Seluruh komponen dalam mesin kopi berkontribusi saat mesin kopi tersebut bekerja. Oleh karena itu, kerusakan pada satu komponen saja akan berpengaruh pada stabilitas kinerja mesin secara keseluruhan.

4. Menghemat Pengeluaran

Mesin kopi yang rusak memerlukan biaya perbaikan yang tidak sedikit. Namun, kamu dapat menghindarinya dengan pengecekan dan pembersihan secara rutin. Karena semakin parah kerusakan dari mesin atau grindermu, akan semakin besar kocek yang perlu kamu keluarkan.

Jangan lupa rawat mesinmu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our website uses cookies to improve your experience. Learn more about our cookie policy.