Let's Chat

Kedai Kopi untuk Pemula, Apa Saja Tipsnya?

Bisnis kedai kopi tidak perlu dipertanyakan lagi sudah menjamur di banyak tempat. Meskipun begitu, pasar yang semakin membengkak menjadikan bisnis ini tetap menggiurkan untuk dijalani. Namun, setiap bisnis tentunya memiliki risiko dan kesulitan masing-masing, yang bisa Anda lakukan adalah meminimalisir risiko tersebut. Berikut adalah tips-tips membuka kedai kopi dari iKopi:

Perdalam Pengetahuan tentang Kopi

Dalam berbisnis, sudah selayaknya pedagang memahami “apa” yang dijual. Dengan mendalami ilmu dan pengetahuan tentang kopi, kedai kopi Anda akan mendapat perhatian lebih. Demikian pula perhatian dari pelanggan pecinta kopi yang mencari kopi berkualitas.

Pahami Target Pasar Kafe

Dengan memahami target pasar, Anda mampu memberikan identitas dan keunikan tersendiri pada dagangan kedai kopi Anda. Lakukan survey lokasi dan temukan apa yang calon pelanggan butuhkan. Berikut beberapa faktor yang bisa Anda pelajari:

  • Lokasi yang strategis
  • Harga yang bersaing
  • Apa yang membuat produk dan kedai kopi Anda menarik

Pilih Mesin Kopi yang Tepat

Sesuaikan mesin kopi dengan keramaian pelanggan yang Anda dapatkan. Karena itu, tidak ada salahnya untuk menggunakan mesin kopi komersial 1 group jika kedaimu baru saja beroperasi. Jika pelanggan kedai kopi sudah mulai padat, Anda dapat meng-upgrade menjadi mesin kopi komersial 2 group dengan kapasitas produksi yang lebih tinggi.

Membuat Perincian Biaya dan Kebutuhan Kedai

Membuka coffee shop tidak mudah. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan perencanaan dengan baik dan rinci. Contohnya berapa karyawan yang dibutuhkan, berapa biaya peralatan yang diperlukan, sewa tempat, perancangan menu, dan lain-lain.

Konsep Out of The Box?

Konsep kedai kopi adalah faktor yang sangat umum dipertimbangkan oleh para pebisnis kopi. Out of the box sah-sah saja, asal saja tidak berlebihan. Bagaimanapun, penting untuk menyesuaikan konsep untuk membentuk keunikan dari coffee shop kamu.

Teknik Pemasaran Totalitas

Mengikuti arus perkembangan jaman harus dilakukan dengan hati-hati namun tetap totalitas. Media digital dan sosial media memiliki peran yang penting dalam pemasaran masa kini. Umumnya, kedai kopi memasarkan produk dan tempat melalui sosial media, contohnya Instagram dan Facebook Ads.

Kenapa Bisnis Kedai Kopi?

Menuang latte art di kedai kopi

 

Peralihan dari Gaya Hidup menjadi Kebutuhan

Khususnya di kota-kota besar, kopi sudah menjadi kebutuhan hidup bagi beberapa kalangan. Hal ini terutama disebabkan oleh padatnya aktivitas yang dilakukan oleh sebagian besar pelajar dan pekerja. Karena alasan tersebut, kedai kopi semakin banyak bertambah di kota-kota besar. Tak hanya kopi saja, banyak orang membutuhkan kedai kopi untuk bekerja.

Eksekusi Lebih dari Sekadar Motivasi

Motivasi berperan penting dalam sebuah perencanaan, namun eksekusi berbicara lebih lantang dari kata-kata. Dengan niat dan perencanaan yang matang, Anda mampu mengurangi risiko dari bisnis yang Anda jalani. Sehingga bisnis kopi Anda dapat berjalan secara lancar.

Jangka Panjang

Bisnis kedai kopi membutuhkan waktu jangka panjang agar dapat membuahkan balik modal. Tetapkan dalam pikiranmu bahwa bisnis ini memerlukan kesabaran dan konsistensi yang maksimal.

One thought on “Kedai Kopi untuk Pemula, Apa Saja Tipsnya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our website uses cookies to improve your experience. Learn more about our cookie policy.