Let's Chat

Beli Mesin Kopi Jangan Asal Murah! Ini Dia Alasannya

Mesin kopi dengan harga yang murah memang menggiurkan. Apalagi sudah banyak sekali pebisnis kopi yang membuat coffee shop kecil-kecilan. Tapi, jangan sampai salah memilih mesin espresso ya! Ada alasan mengapa harga mesin kopi khususnya mesin espresso bisa se-MUAHAAAL itu. Baca postingan ini sebagai pertimbangan kamu membeli Mesin Espresso!

TIPE-TIPE BOILER PADA MESIN

Umumnya, tipe mesin dengan Single Boiler akan lebih murah dan ringan untuk dipindah-pindahkan. Tapi, Kamu memerlukan jeda beberapa menit untuk melakukan Steaming dan Extraction. Karena tipe mesin Single Boiler tidak mendukung untuk menggunakan kedua alat Ektraksi dan Steaming dalam waktu bersamaan! Kebayang dong kalau tempat mu lagi sangat ramai dan banyak yang memesan Latte, Cappucinno atau Steam Milk-Based Drink lainnya! Hayoo.pikirkan matang-matang sebelum membeli mesin Single Boiler ya!

 

UKURAN MESIN


Mesin kopi 3-4 group sebenarnya sangat cocok untuk tempat yang . sangat ramai (yang baristanya kadang sampe lupa makan saking ramainya). Tapi perlu diingat, meskipun efisien pun mesin dengan 3-4 Grup harganya bikin pemilik bisnis tahan napas. Pula, Watt yang dihabiskan oleh satu mesin itu bisa-bisa cukup untuk mematikan satu kawasan tempat mu! Hihihi. Idealnya, mesin kopi dengan 2 Group tidak begitu buruk untuk dijadikan investasi. itung-itung Barista kamu gak pada tipes deh tiap malem harus stok Espresso sampe berliter-liter.

STABILITAS TEMPERATUR


Kemampuan tiap-tiap mesin Espresso dalam menjaga kestabilan Suhu tentu berbeda-beda. Walaupun kebanyakan mesin espresso kini sudah dilengkapi fitur pengendali PID (Proportional-Integral-Derivative), Ada pula yang sampai saat ini masih menggunakan Thermostats. Bedanya? PID di sini terletak di suhu udara dalam boiler, namun dengan tingkat presisi yang lebih dibandingkan dengan fitur Thermostats. Nah, jika kamu ingin membeli mesin kopi, ada baiknya untuk membaca setiap detail yang ada agar tidak hanya termakan Harga Murah! gak mau dong kamu menyajikan rasa minuman yang tidak konsisten?

GROUP HEAD

Hmm tau gak sih? Banyak loh Group Head yang “Ala Kadarnya” dapat merusak suhu setelah proses brewing selesai. Bisa juga, Group Head mesin sangat mudah panas sehingga “Menggosongkan” bubuk kopi yang akan di-bew. Jadi bisa dibilang, group-head yang merupakan salah satu bagian esensial dalam mesin espresso ini pun termasuk faktor penting untuk diperhatikan juga. Psst.bukan cuma bubuk kopi kamu yang bisa ke “Goreng” sama Group Head yang panas. Tangan Barista mu juga loh!

Nilai Estetika

Meskipun kamu sangat menolak hal-hal yang terlihat “Ber-gengsi”, Mesin Espresso mu akan membuat hal pertama yang terlihat oleh pengunjung. Apalagi kalau mesinmu sangat cantik baik dari segi desain maupun kebersihannya. Ya.jangan kaget pengunjungmu datang untuk berfoto dengan mesin kopi mu! Itulah mengapa banyak mesin Espresso yang di desain secantik mungkin agar pengunjung langsung terpikat oleh mesin mu! Lumayan deh ya. lklan secara sukarela! 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our website uses cookies to improve your experience. Learn more about our cookie policy.