Let's Chat

Seberapa Kuat Kamu Minum Kopi?

Bagaimana caranya supaya kamu tahu seberapa kuat kamu minum kopi?

Kamu pernah mengalami asam lambung akibat minum kopi? Ternyata, ada beberapa cara untuk mencegahnya. Efek samping yang kamu rasakan saat minum kopi, umumya terjadi karena kopi dikonsumsi saat perut kosong. Tentu bagi sebagian orang hal ini tidak berpengaruh pada kesehatan. Namun jika kamu lemah terhadap kafein, akan terasa gejala-gejala yang tidak nyaman dan mengganggu aktivitas.

Pernah dengar tidak, bahwa “segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik”? Nah, hal ini berlaku juga untuk kopi guys. Tapi, BERLEBIHAN itu batasnya seberapa banyak sih? Berapa takaran ideal konsumsi kopi tiap harinya? Yuk kita bahas di iKopi.

Takaran Ideal

Takaran ideal konsumsi kopi adalah 2-3 gelas atau setara dengan 170-375 mg kafein per hari. Dengan takaran ideal ini, kandungan antioksidan pada kopi dapat bekerja secara optimal untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Jadi, kalau sudah mengonsumsi dibawah takaran ideal namun kamu masih mengalami efek samping, artinya toleransi tubuhmu terhadap karein berada di bawah rata-rata. Efek samping yang biasa terrjadi di antaranya asam lambung, mual, dan mulas. Dengan catatan, kamu mengonsumsi kopi setelah makan ya!

Lalu, apa yang harus dilakukan jika kamu tidak dapat menoleransi kafein?

Alternatif yang biasa dilakukan oleh orang yang tidak bisa menoleransi kafein adalah dengan mengonsumsi minuman kopi yang dikombinasi dengan susu. Contoh: Latte, Cappuccino, Mochaccino. Dengan menambahkan susu, sifat asam dari kopi dapat “tersamarkan” sehingga aman bagi lambung.

Kafein Berlebih, Bahaya Tidak Ya?

Bagi beberapa orang, kandungan kafein yang berlebihan bisa menimbulkan masalah pencernaan dan otak. Belum lagi kadar gula yang tinggi pada sajian kopi yang dicampur bahan lain (gula, susu, dll). Jadi, untuk pola konsumsi yang lebih sehat, hindari menambahkan gula ke dalam kopi. Alih-alih menyehatkan, asupan gula dan bahan pemanis lain justru menambah jumlah kadar gula atau kalori yang mengganggu metabolisme tubuh. 

“Banyak masyarakat Indonesia yang belum memahami efek kopi terhadap tubuh. Dengan takaran yang pas, kopi memang dapat menjaga kesehatan, namun kopi yang dimaksud adalah kopi hitam murni yang pekat – bukan olahan kopi yang sudah ditambahkan gula, krim, pemanis buatan, dan sebagainya,” – ujar tim medis HonestDocs.

Gimana, kamu udah cukup kebal dengan kafein belum?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our website uses cookies to improve your experience. Learn more about our cookie policy.