Let's Chat

Tiga Daerah Penghasil Kopi Terbaik Indonesia

Pada dasarnya, setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Begitu pula selera rasa kopi dengan banyaknya jenis biji kopi dari berbagai region di seluruh dunia. Kali ini, iKopi mau bahas 3 daerah di Indonesia penghasil kopi terbaik yang sering kamu dengar namanya. Ada kopi apa saja ya? Yuk kita bahas~

Gayo, Aceh Tengah

Kenapa biji kopi Aceh Gayo sangat spesial? 

Biji kopi Aceh Gayo termasuk ke dalam varietas biji kopi yang banyak disukai dan dikonsumsi di Indonesia. Aroma yang khas dengan level acidity yang cenderung lebih rendah membuatnya digemari banyak orang. Tak hanya itu, arabika Aceh Gayo pun memiliki karakter yang bold dan balance.

Sebagai salah satu komoditas ekspor unggulan di Indonesia, Aceh Gayo menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat Gayo, Aceh Tengah, terutama para petani kopi.

Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Single origin Toraja adalah salah satu biji kopi eksotik Indonesia yang paling populer dan memiliki kualitas terbaik. Tak heran, biji kopi Toraja mempunyai harga yang tinggi dan diminati oleh mancanegara, khususnya Jepang. 

Kopi ini memiliki rasa fruity dan aftertaste yang tidak terlalu pahit. Sehingga menjadikan kopi Toraja berbeda dari varian kopi Indonesia lainnya. Tidak hanya itu, kopi Toraja asli juga memiliki aroma yang sangat khas dan harum bahkan saat kamu baru membuka kemasannya. Hal ini disebabkan oleh tanaman kopi Toraja yang ditanam berdampingan dengan tanaman rempah sehingga menghasilkan aroma yang sangat harum dan nikmat.

 

Kintamani, Bali

Kopi kintamani menjadi primadona dan terbaik di Bali. Termasuk ke dalam kopi jenis arabika, Kintamani memiliki rasa yang ringan, aromanya unik, dan asam segar fruity. Rasa kopi bali kintamani yang unik ini dipengaruhi oleh kebiasaan petani lokal yang menanam jeruk dan sayur di lahan yang sama. Ciri lainnya adalah green bean dari Kintamani memiliki ukuran yang lebih besar dari arabika pada umumnya. 

Kopi dari Bali menjadi salah satu komoditas ekspor andalan Indonesia, terutama ke Eropa, Jepang, dan Australia. Tidak hanya dijual sebagai komoditas ekspor, tapi juga oleh-oleh khas Pulau Dewata.

Kopi favorit kamu daerah mana nih?

3 thoughts on “Tiga Daerah Penghasil Kopi Terbaik Indonesia

  1. Rubeth says:

    Kopi Bali menurutku masih jadi yang terbaik buat lidah saya secara pribadi. Karna kadar asamnya yang bagi saya pas untuk diminum. Meski bagi beberapa orang ada yang ga terlalu suka asam di rasa kopi tapi memang kembali ke preferensi masing-masing. Terimkasih sharinya. Sila berkunjung https://allnesiacoffee.com

  2. Rubeth says:

    Kopi Bali menurutku masih jadi yang terbaik buat lidah saya secara pribadi. Karna kadar asamnya yang bagi saya pas untuk diminum. Meski bagi beberapa orang ada yang ga terlalu suka asam di rasa kopi tapi memang kembali ke preferensi masing-masing. Terimkasih sharinya. Sila kunjungi tempat kami https://allnesiacoffee.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our website uses cookies to improve your experience. Learn more about our cookie policy.